Sejahterakan Anggota, HBB Dirikan Koperasi Secara Nasional
July 2, 2024
DPP HBB resmi meluncurkan aplikasi bernama “horas bangso batak”
August 8, 2024
Sejahterakan Anggota, HBB Dirikan Koperasi Secara Nasional
July 2, 2024
DPP HBB resmi meluncurkan aplikasi bernama “horas bangso batak”
August 8, 2024

Di Pelantikan DPK HBB Medan Perjuangan, Tomson Marisi Parapat Ingatkan Penghina Batak Agar Berhati-hati…!

Ketua DPD HBB (Horas Bangso Batak) Sumut Tomson Marisi Parapat SH kembali mengingatkan, agar para penghina Bangso Batak dan agama (Kristen), berhati-hati.
Penegasan ini disampaikannya saat memberi sambutan pada pelantikan DPK HBB Medan Perjuangan Periode 2024-2029, di Jalan Pelita 2, Medan Perjuangan, Sabtu (13/7/2024).

Penegasan ini disampaikannya saat memberi sambutan pada pelantikan DPK HBB Medan Perjuangan Periode 2024-2029, di Jalan Pelita 2, Medan Perjuangan, Sabtu (13/7/2024).

Ia menyebut, bahwa HBB akan melaporkan siapa saja yang menghina Bangso Batak dan agama. Apalagi kebetulan, para ketua dan pengurus HBB pada semua tingkatan, banyak yang pengacara.

“Jadi kita sudah laporkan dua akun medsos yang menghina Batak dan Agama Kristen. Sekarang sedang dalam proses di Polda Sumut. Jadi saya ingatkan, agar penghina Batak dan Agama Kristen berhati-hati. Jangan berharap bisa tidur nyenyak,” tegasnya.

Pada kesempatan itu, Tomson Marisi Parapat juga mengucapkan selamat kepada pengurus DPK Medan yang baru dilantik. “Semoga membawa perkembangan yang lebih dahsyat. Dan kita harus berpikir lebih tajam untuk membawa anggota menuju perkembangan yang lebih baik,” katanya.

Ia menyebut, HBB adalah organisasi yang membawa kesejukan. Maka ia mengajak semua penguris bisa mengajak anggota untuk bisa juga berkembang secara ekonomi, misalnya ikut UMKM dan koperasi. Apalagi HBB juga sudah ada UMKM dan koperasi.

Selain itu, HBB juga sudah membuat ‘media broadcast’. Sehingga siapa saja yang ingin mempromosikan usaha bisa dipublikasikan melalui podcast yang sudah disediakan oleh HBB.

“Oleh karena itu, semua anggota bersama dengan pengurus harus saling bahu-membahu untuk berkembang bersama termasuk dalam bidang perekonomian,” katanya.
Prosesi
Pelantikan itu sendiri dibuka dengan Tortor mengiringi prosesi, terdiri dari Ketua DPD HBB Sumut Tomson Marisi Parapat SH, Ketua DPC Medan Poltak Tampubolon SH MTh, Ketua DPK Medan Perjuangan Lambok Samosir, beserta jajaran pengurus lainnya.

Selanjutnya doa, menyanyikan Lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta dipimpin Ketua DPC HBB Medan. Serta menyanyikan Mars Horas Bangso Batak dan O Tano Batak.

Rangkaian acara pembukaan ditutup dengan renungan yang dibawakan oleh Pdt Castro Sianipar. Di mana dalam khotbahnya pendeta mengajak semua yang hadir bisa menjadi Saksi Kristus. Dan dia mengaku merasa bangga dan bersukacita, karena acara hari itu dimulai dengan kebersamaan bersama Tuhan, yaitu ibadah.

“Saya yakin, HBB akan selalu hadir memberi terang di tengah masyarakat. Dan semua mengetahui, bahwa HBB bukan organisasi ‘kaleng-kaleng’, karena sudah banyak dikenal orang,” katanya.

Rangkaian pelantikan berlangsungnya dengan lancar dan meriah. Selain unsur pengurus HBB dari DPP, DPD, DPC, dan DPK dari beberapa kecamatan di Medan, hadir juga pengurus DPC HBB dari luar Medan, di antaranya Pematang Siantar dan Deli Serdang. Hadir juga dari unsur pemerintahan, Polri, Koramil, dan lainnya. Semua berbaur dengan seratusan warga maupun anggota HBB yang memadati lokasi pelantikan.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelantikan Nurdin Panjaitan menceritakan perjalanan DPK HBB Medan Perjuangan. Termasuk adanya beberapa pertemuan hingga akhirnya terbentuk kepengurusan yang menjalani pelantikan pada hari itu.

Kemudian usai pembacaan SK DPC HBB Medan dilanjutkan dengan pembacaan janji, pelantikan pun berlangsung dengan khidmat.

Ada pun pengurus yang dilantik terdiri dari Ketua DPK HBB Medan Perjuangan Lambok Samosir, Sekretaris Herry Sihombing SH, dan Bendahara Netty Sirait SS. Kemudian ada pembina, penasehat, dan lainnya. Sedangkan yang melantik adalah Ketua DPC HBB Medan Poltak Tampubolon.

Dalam sambutannya usai pelantikan, Poltak Tampubolon SH MTh berpesan kepada pengurus DPK Medan Perjuangan agar ke depan lebih solid. Ia berharap HBB bisa menjadi teladan dan contoh di lingkungan masing-masing, dengan menjunjung tinggi harkat dan martabat Bangso Batak.

Selanjutnya sebagai Ketua DPK HBB Medan Perjuangan, Lambok Samosir mengucapkan terimakasih kasih kepada semua pihak yang telah mendukung berlangsungnya pelantikan, hingga berjalan dengan baik. Ia juga mengajak sesama pengurus agar bersama-sama mengembangkan HBB ke depan.

Sementara perwakilan Kecamatan Medan Perjuangan dalam sambutrannya mengajak HBB Medan Perjuangan untuk berdiskusi membahas hal-hal penting di daerah itu. Lalu perwakilan Kapolsek Medan Timur menyampaikan harapan, agar usai pelantikan, HBB bisa berkolaborasi dengan Polsek Medan Timur khususnya bidang kamtibmas.

Turut memberi sambutan dari DPC HBB Deli Serdang dan Pematang Siantar, serta pengurus DPK dari kecamatan lainnya.

reporter | Jeremi Taran